JAKARTA, 15 September 2021, Mengenai perawatan dan perbaikan mobil, tidak lepas dari aktivitas membuka dan memasang baut roda. Baut pengikat roda memang terlihat biasa saja. Namun baut tersebut menjadi salah satu hal krusial yang berada pada kendaraan.
Pada saat kita perlu untuk melepas atau memaasang baut roda, pastikan kunci roda yang digunakan telah sesuai dengan ukuran baut roda yang terpasang. Kenapa harus sesuai?
“Karena lepas – pasang Baut yang terlihat sepele tetap ada aturannya. Salah sedikit atau ada perbedaan penggunaan toolkit bisa berakibat buruk. Bisa membuat Baut menjadi dol.” jelas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.
Bermula dari baut slek (dol) tadi, biasanya karat mudah hinggap di seputar Baut. Meskipun untuk mengatasinya dapat menggunakan produk cairan penetran. Namun kemungkinan akan membuat performa baut pengencang roda tersebut tidak optimal.
Saat ingin melepas atau memasang Baut, ada baiknya ikuti aturan yang dilakukan di bengkel resmi Astra Peugeot. Tahapan awal yang mesti dilakukan saat akan melepas Baut roda adalah, lepaskan dulu dop (penutup) Baut roda dengan tool penjepit.
“Tool penjepit berwarna kuning tersebut sudah tersedia di toolbox. Kemudian untuk lepas - pasang Baut roda berjumlah 4 atau 5 pcs ditiap varian Peugeot, gunakan kunci roda yang tersedia di mobil. Biasanya menggunakan kunci roda ukuran 17 atau 19,” imbuh Samsudin.
Selanjutnya yang harus diperhatikan saat pasang Baut roda, putar peranti pengunci gunakan jari tangan terlebih dahulu. Alasannya, pakai tangan untuk memastikan Baut sudah di posisi alur ulir di rumah roda sudah tepat.
“Hindari mengencangkan Mur yang ditempatkan langsung di rumah kunci roda. Cara yang sering dilakukan ini beresiko drat pada Mur-mur mudah tergerus. Sebab kesalahan pertemuan antara alur ulir mur berpotensi tidak sesuai pada akhirnya. Alhasil Mur roda tidak bisa dikencangkan,” pesan Samsudin.
Pemicu lain kerusakan mur roda dapat pula disebabkan oleh tindakan yang salah saat proses lepas-pasang. Seperti yang sering dilihat yaitu menggunakan kaki atau dengan bantuan pipa bulat. Jika posisinya tidak center, hal itu justru menyebabkan bagian luar Mur dol pasca momen puntir berlebihan.
Padahal, cara paling ideal adalah gunakan kunci momen (torque wrench) jika ada. Dengan alat ini, bisa dipastikan kekencangan mur disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya saja alat ini bukan peralatan standar di mobil. Dan menyisatinya cukup dengan kekuatan tangan hingga maksimal, atau pakai batang kunci roda sesuai ukuran standar pabrik.
NEED HELP?
SITEMAP
One Day Parts Bazaar Astra Peugeot, Diskon Hingga 93%
Cek Rutin Ban Serep Agar Layak Pakai Saat Berkendara
Solusi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang
3D Instrument Cluster Peugeot 2008, Naikkan Reaksi Pandang
Lampu LED Taring & 3 Cakar Singa Peugeot 2008: Eye Catching
April, Saat Tepat Membeli Peugeot 2008 dengan Warna Baru
Peugeot 2008 SUV meraih Car Of The Year di Thailand
Peluncuran dan Serah Terima New Peugeot 2008 SUV di Surabaya
Penampilan Perdana Peugeot 2008 SUV Untuk Pasar Indonesia
PEUGEOT 2008 Mendapatkan Trophy Argus 2021
New Peugeot 2008 SUV Resmi Rilis di Malaysia
Astra Peugeot Hadir di BCA Expoversary 2022
Warna Baru New Peugeot 3008 SUV: Amazonite Grey
Maksimalkan Baris Ke-3 Peugeot 5008 SUV Agar Tetap Nyaman
Kenyamanan New Peugeot 3008 & 5008 SUV Mampu Diandalkan
Fleksibilitas Formasi Kursi Peugeot 5008 SUV
Suspensi Varian Active New Peugeot 3008 & 5008 SUV
Diskon 25% Jasa Service Peugeot 206, 306, dan 406
Peugeot 2008 SUV mendapat "AUTO EUROPA 2021" di Italia
Fitur Apple CarPlay & Android Auto Peugeot 3008 & 5008 SUV
Peugeot 2008 Menjadi SUV Terbaik Pada Car Of The Year 2021
Astra Peugeot Mencatat Rekor, Penjualan Naik 25% di 2021
Penyebab dan Solusi Mika Headlamp Berembun
2021 NEWS
2020 NEWS
2019 NEWS