JAKARTA, Juni 2022, Astra Peugeot hadirkan Sport Utility Vehicle (SUV) Premium Kompak Peugeot 2008 pada awal tahun 2022. Performa Peugeot 2008 mengusung mesin 3-silinder, berkapasitas 1.2 liter Turbo Puretech, bertransmisi otomatis 6-percepatan. Peugeot 2008 ini menghasilkan tenaga hingga 130 PS dengan torsi puncak mencapai 230 Nm.
Anggapan konfigurasi mesin tiga silinder menghasilkan vibrasi lebih kuat dibanding mesin bersilinder genap terbantahkan. Sederhananya, getaran muncul karena jumlah silinder tidak imbang dan tidak ada silinder lawan untuk mengimbangi. Dengan mesin 3 silinder segaris kebanyakan pakai sudut putaran sebesar 120° agar supaya putaran seimbang.
Kendala lain suara mesin terdengar lebih kasar sehingga suara sangat terasa di dalam kabin. Selain itu mesin tiga silinder terasa kurang berperforma di putaran atas. Tidak heran, ada asumsi kalau mesin 3-silinder kurang cocok untuk diajak bepergian jarak jauh.
Namun konsumen tidak perlu khawatir. Apalagi Peugeot sudah mempertimbangkan hal itu. Peugeot selalu menjunjung tinggi tingkat kenyamanan juga keselamatan selain performa.
“Getaran mesin serta fenomena yang terjadi di mesin 3 silinder telah tereduksi dengan teknologi unggulan kami. Caranya adalah dengan menambah ‘Balancer Shaft’ di dalam mesin,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International - Peugeot.
Untuk menghilangkan vibration mode yang disebabkan oleh pembakaran mesin 3 cylinder maka ditambahkan ‘Balancer Shaft’. Fungsi komponen ini sendiri berputar berlawanan dengan crankshaft dan digerakkan oleh gears. Karena perampingan yang kuat dan tingkat asiklisme yang tinggi dari 3 silinder, penggerak poros ini sulit disetel karena suara roda gigi yang bunyi berderak.
“Optimalisasi ini dilakukan melalui tiga langkah, yaitu mengurangi acyclism level dari gear pada crankshaft. Lalu fine tuning damper pulley serta Optimization desain roda gigi. Sehingga desain yang inovatif dari damped gear pada balancer shaf mampu mengurangi lebih dari 50% nilai dynamic torque pada roda gigi,” imbuh Samsudin.
Melalui teknologi ini maka mesin tiga silinder Peugeot 2008 jadi pilihan terbaik untuk SUV Kompak premium masa kini. Ukuran mesin yang kecil, biaya produksi terjangkau dan perawatan lebih mudah jadi hal yang dicari. Konsumen pun diuntungkan karena bisa membeli mobil dengan harga terjangkau dan hemat perawatan rutin.
Dengan adanya Balancer Shaft, performa tetap beraksi pada putaran atas. Pasokan tenaga dari Turbo Puretech diklaim mampu membuat mobil siap diajak berkelana jarak jauh tanpa kendala.
NEED HELP?
SITEMAP
Balancer Shaft: Teknologi Peredam Getar Mesin Peugeot 2008
Tips Cara Setting Arah Sorot Headlamp Yang Tepat
Peugeot, Begitu Istimewa Untuk Pasar ASEAN
One Day Parts Bazaar Astra Peugeot, Diskon Hingga 93%
Cek Rutin Ban Serep Agar Layak Pakai Saat Berkendara
Solusi Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang
3D Instrument Cluster Peugeot 2008, Naikkan Reaksi Pandang
Lampu LED Taring & 3 Cakar Singa Peugeot 2008: Eye Catching
April, Saat Tepat Membeli Peugeot 2008 dengan Warna Baru
Peugeot 2008 SUV meraih Car Of The Year di Thailand
Peluncuran dan Serah Terima New Peugeot 2008 SUV di Surabaya
Penampilan Perdana Peugeot 2008 SUV Untuk Pasar Indonesia
PEUGEOT 2008 Mendapatkan Trophy Argus 2021
New Peugeot 2008 SUV Resmi Rilis di Malaysia
Astra Peugeot Hadir di BCA Expoversary 2022
Warna Baru New Peugeot 3008 SUV: Amazonite Grey
Maksimalkan Baris Ke-3 Peugeot 5008 SUV Agar Tetap Nyaman
Kenyamanan New Peugeot 3008 & 5008 SUV Mampu Diandalkan
Fleksibilitas Formasi Kursi Peugeot 5008 SUV
Suspensi Varian Active New Peugeot 3008 & 5008 SUV
Diskon 25% Jasa Service Peugeot 206, 306, dan 406
Peugeot 2008 SUV mendapat "AUTO EUROPA 2021" di Italia
Fitur Apple CarPlay & Android Auto Peugeot 3008 & 5008 SUV
Peugeot 2008 Menjadi SUV Terbaik Pada Car Of The Year 2021
Astra Peugeot Mencatat Rekor, Penjualan Naik 25% di 2021
Penyebab dan Solusi Mika Headlamp Berembun
2021 NEWS
2020 NEWS
2019 NEWS